Ikan KOI Stress?? Ini Adalah Penyebabnya

Ikan KOI Stress?? Ini Adalah Penyebabnya - Koi kesayangan anda hanya berdiam diri di sudut kolam? tak selincah seperti yang lainnya? Ini adalah salah satu tanda stress pada Koi kesayangan sobat. Awas! bila hal ini dibiarkan, dapat menyebabkan kematian!
Dan apabila sampai kematian menimpa Koi kesayangan kita, tentunya kemudian anda yang akan merasakan stress sobat, karena anda telah mengerahkan seluruh kasih dan sayang untuk merawatnya, dan yang pasti tak jarang anda juga membeli ikan tersebut sengan harga yang cukup menguras kantong.

Tentunya para pecinta ikan yang satu ini sangat tidak menginginkan kalau sampai KOI kesayangan mereka berujung pada kematian akibat stress. Pada postingan kali ini, - Berbagi Itu Indah - akan menjelaskan beberapa hal penyebab timbulnya stress pada ikan KOI, sehingga anda dapat mengantisipasi agar jangan sampai hal ini terjadi pada KOI kesayangan sobat.
Ilustrasi Ikan KOI yang Stres

Penyebab Ikan KOI menjadi Stress :

  • Parasit
Pengertian parasitsecara sederhana adalah, sebuah mikro organisme yang hidup menumpang dan memanfaatkan organisme lain untuk dapat bertahan hidup, dalam kasus ini induk semang yang di tumpanginya adalah ikan KOI. Parasit kan menyerang kulit, sisik, dan insang ikan KOI anda.
Jika hal ini dibiarkan terlalu dan tidak ditangani sesegera mungkin, maka akan menyebabkan ikan menjadi stres dan bahkan berujung pada kematian. Ciri yang biasa ditunjukan oleh ikan KOI yang terserang parasit adalah: Seringnya ikan melakukan flashig atau menggesek-gesekan tubuhnya pada dinding atau lantai kolam. Jika anda melihat hal ini terjadi, segeralah melakukan tindakan pada ikan kesayangan anda agar tidak terlalu parah.
untuk lebih jelasnya, sobat dapat membaca artikel tentang Beberapa Penyakit KOI dan Penanganannya.  

  • Predator
Jika kolam KOI anda adalah kolam outdoor atau berada di luar ruangan, maka usahakan sebisa mungkin jauhkan dari hewan-hewan predator misalnya: kucing, ayam, kalkun, atau binatang lainyang dapat mengancam keselamatan ikan KOI anda, atau hindari mencampur ikan KOI dengan ikan jenis lain yang bersifat agresif . Contohnya: ikan Sapu-Sapu.
Karena hal-hal tersebut akan menyebabkan ketakutan pada ikan KOI dan lama-lama akan menjadi stress.

  • Penanganan Yang Kurang Baik
Sebagai contoh : anda sering memindahkan ikan KOI daari dalam kolam ke ember pada saat anda membersihkan atau menguras kolam KOI anda ( Baca juga artikel tentang Memelihara Ikan KOI di Kolam Kecil), Pada saat menangkap ikan KOI, anda tidak menggunakan jaring penangkap, melainkan menggunakan ember/ timba untuk menangkapnya atau bahkan dengan menggunakan tangan secara kasar. Maka secara naluri, KOI anda akan manjadi takut dan dapat mengakibatkn stress. Jadi pada saat anda memindahkan KOI, usahakan lakukan dengan cepat dan lembut, serta jangan diletakan di tempat sempit terlalu lama. 

  • Kualitas Air Yang Buruk
Hal ini adalah yang paling sering terjadi sebagai penyebab stress pada ikan KOI, karena dengan kurangnya perhatian dan perawatan terhadap kualitas air kolam. Filter air yang baik pada kolam ikan KOI sifatnya adalah wajib agar KOI anda dapat tumbuh dengan sehat dan tetap cantik. Kinerja sistem filtrasi kolam yang kurang baik akan menyebabkab air kolam menjadi keruh dan berbau, dan tentunya timbunan amoni akan semakin banyak dn bertumpuk yang akan menjadi bom waktu bagi KOI-KOI kesayangan anda.
Untuk mendapatkan kinerja filter yang baik, silahkan baca artikel tentang 4 Elemen Penting Filter Kolam KOi.

Demikian ulasan singkat tentang Penyebab Stress Pada Ikan Koi. Semoga dapat menjadi masukan dan referensi bagi anda dalam memelihara ikan Koi.
Semoga Bermanfaat...

Sumber Gambar: Google
(Berbagi Itu Indah)

0 Response to "Ikan KOI Stress?? Ini Adalah Penyebabnya"

Post a Comment