Problem Instal Ulang OS Lenovo Ideapad Flex 10

Problem Instal Ulang OS Lenovo Ideapad Flex 10 - Lenovo Ideapad Flex 10 merupakan salah satu dari sekian banyak tipe netbook yang di luncurkan oleh Lenovo. Netbook ini dilengkapi dengan fitur touch screen dan OS bawaan-nya adalah Windows 8.1, meskipun menurut saya pribadi untuk spesifiksi performa netbook ini sangatlah kurang, alias lelett!!.
Akan tetapi sudahlah, karena ini menyangkut masalah selera dan juga budget kita untuk menggunakan Netbook ini atau tidak.

Lenovo Ideapad Flex 10 - Sumber gambar: Google

Dari pengalaman seorang rekan yang mempunyai dan menggunakan Lenovo Idepad Flex 10 ini, pada awalnya semua berjalan baik-baik saja. Akan tetapi pada saat akan melakukan proses instal ulang/ resinstal OS pada netbook tersebut karena terkena virus, atau karena hal lainnya, masalah mulai muncul.

Singkat cerita, diserahkannya lah netbook tersebut kepadaa saya untuk di hajar, Hahahaha.. ^ ^.

Sebagai seorang tekhnisi, awalnya saya sangat yakin dan PeDe bahwa masalah ini dapat saya selesaikan dengan mudah, akan tetapi.., ternyata saya sangat di buat pusing olehnya, Hahaha..(Ketawa Kecut Menghibur  diri).

Berikut adalah Problem yang kita hadapi saat akan melakukan proses Instal Ulang Lenovo Ideapad Flex 10:

Contoh Boot Menu Bios yang  menyediakan opsi Legacy Support yang tidak terdapat pada Bios Lenovo Ideapad Flex 10
Sumber Gambar: Google


Silahkan baca juga artikel tentang Install Windows 7 di Asus X200MA
  • Tidak tersedianya CD-Room internal. Langkah yang saya lakukan pertama kali adalah mengeluarkan senjata andalan berupa USB bootable Win 8.1 milik saya. Sobat dapat membuat Bootable USB Windows dengan menggunakan software Ruffus,Windows 7 USB/DVD Tool, atau softwares lain yang mempunyai fungsi yang sama, yaitu membuat USB Bootble device.
    Kemudian saya nyalakan netbook (sebelumnya Flasdisk bootable harus sudah tertancap pada salah satu slot USB yang tersedia ya sobat), lalu kita tekan tombol Fn+F12 untuk menampilkan mode pilihan Bootable device. Tapi apa yang terjadi? Ternyata Bootable USB saya tidak muncul dalam list Boot Option Menu. Hal ini menandakan bahwa Bootable USB  tidak terbaca dan terdeteksi BIOS.
    Hal Serupa juga terjadi pada saat saya menggunakan eksternal CD-Room untuk melakukan proses Instal dengan Bootable DVD. Waduh???
  • Langkah selanjutanya yang saya lakukan adalah masuk ke BIOS dengan cara menekan tombol Fn+F2, untuk melihat menu bootable apa saja yang ada di dalamnya dan mengecek apakah perangkat eksternal yang ada bisa terdeteksi di BIOS. Ternyata pada opsi Boot Menu, yang tersedia hanya pada UEFI mode dan tidak terdapat opsi Legacy boot device yang merupakan salah satu syarat eksternal bootable device dapat terbaca dan terdeteksi Bios. 
    Problem Detected ^^

Solusi mengatasi Problem saat akan melakukan proses Instal Ulang Lenovo Ideapad Flex 10:


Setelah semalaman bertapa dan menimba ilmu pada si mbah ^_^ (Google), dari beberapa referensi yang saya  temukan adalah, pada mode UEFI hanya dapat membaca format system FAT-32.
Lalu saya intip format system senjata andalan milik saya yaitu Bootable USB Win 8.1 yang telah saya sebutkan diatas, ternyata mempunyai system format NTFS.

Pada umunya, softwares pembuat Bootble USB seperti Rufus, Windows 7 USB/DVD Tool, dkk secara otomatis akan memformat usb flasdisk pada mode NTFS.

Lalu saya menemukan solusi dari salah satu situs yang disediakan si mbah (maaf lupa situsnya,  jadi ngga bisa share link-nya karena udah ngantuk berat semalam dan di tengah keputus asa-an reputasi seorang teknisi di mata rekan pemilik netbook tersebut  ^_^), maka saya coba ikuti saran dari salah satu sumber pada situs yang saya temukan itu.
  1. Pindahkan semua data/ copy isi Flasdisk Bootable USB ke storage lain atau ke hdd netbook yang akan sobat instal ulang dengan catatan hdd tersebut bersih dari segala macam virus lho!!, karena bila tidak, semua usaha sobat akan sia-sia,sebab tujuan utama kita melakukan reinstal/ instal ulang adalah untuk repair OS (salah satunya adalah membersihkan virus).
  2. Format Flasdisk yang akan di jadikan Bootable USB dengan menggunakan system format FAT-32
  3. Copy kan kembali semua data/ file bootable yang telah sobat pindahkan tadi, pindahkan secara bertahap, karena keterbatasan kemampuan system format FAT-32 yang tidak dapat menjalankan perintah untuk transfer data dengan kapasitas lebih dari 4Gb secara langsung (tenang, flasdisk sobat akan tetap dapat berfungsi sebagai bootable usb meskipun menggunakan cara seperti ini).
  4. Ulangi langkah-langkah seperti yang telah disebutkan di atas.
  5. Done. Problem Solved. 

Demikian sedikit tulisan yang bisa saya bagikan lewat "Berbagi Itu Indah" tentang pengalaman mengatasi Problem Instal Ulang OS Lenovo Ideapad Flex 10. Bila ada yang kurang jelas dan ada yang ingin di tanyakan, atau memberi masukan, tambahan silahkan tinggalkan komentar sobat di bawah. Semoga Bermanfaat.

(tegsnda/ Berbagi Itu Indah)  

8 Responses to "Problem Instal Ulang OS Lenovo Ideapad Flex 10"

  1. Info yang bagus gan...
    saya juga mengalami masalah yang sama pada saat akan reisntal Lenovo Ideapad Flex 10
    meluncur ke TKP, wat nyoba cara yang agan share ^^

    ReplyDelete
  2. Copy kan kembali semua data/ file bootable yang telah sobat pindahkan tadi, pindahkan secara bertahap, karena keterbatasan kemampuan system format FAT-32 yang tidak dapat menjalankan perintah untuk transfer data dengan kapasitas lebih dari 4Gb secara langsung ??
    file dalam ios @ file ios???

    ReplyDelete
  3. Gan setelah data filenya di copy semua itu bisa langsung ke detect kah usb fd nya di flex 10. Dan maksudnya file dala ios itu apa ya?

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah terima kasih teleh berbagi ilmu...sy juga mengalami hal serupa.Semoga menjadi ilmu yg berkah...Aamiin.

    ReplyDelete
  5. Kemudian apakah di bios ke detek usbNya gan. Coba bikin langkah 2 gan. Srting di biosnya

    ReplyDelete
  6. Bisa juga kalo pake Rufus, format USB-nya pake yg NTFS gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Partition scheme-nya ubah dulu ke gpt, lalu file system baru ubah ke fat32

      Delete