Anda Ingin Memperbaiki Orang Lain? Baca Ini Terlebih Dahulu

Anda Ingin Memperbaiki Orang Lain? - Kapan pun saya bertanya kepada seseorang, ingin menjadi orang seperti apakah yang mereka inginkan?, saya tidak pernah mendengar orang itu berkata, "Saya ingin menjadi sesorang yang bangkrut, tidak berdaya, bercerai, kecanduan, kelebihan berat badan, menjadi gila, tidak punya teman dan menderita sakit ..."

Kebanyakan dari mereka ingin membuat dampak dan perbedaan, entah bagaimana dan dalam hal sekecil apapun dalam kehidupan orang orang disekitar mereka.

Saya pikir itu memang suatu hal yang di anggap benar untuk kita semua. Kita ingin membuat perbedaan - menjadi seseorang, dan untuk mengetahui apakah hidup kita berarti sesuatu.
Sumber Gambar: Google

Akan tetapi, saya telah belajar sesuatu selama bertahun-tahun,  bahwa untuk membantu orang lain hampir tidak mungkin dilakukan jika Anda sendiri mengalami keruwetan dalam kehidupan, keluarga, pernikahan atau dalam hal karir anda sendiri.

Jadi izinkan saya mengajukan pertanyaan ...
Jika situasi Anda saat ini tidak stabil, bagaimana Anda bisa membantu orang lain?

Hanya ada sedikit saja orang yang menyadari bahwa mereka tidak bertanggung jawab untuk memperbaiki orang lain, dan yang sebenarnya memang tidak mungkin sama sekali. Inilah beberapa hal yang perlu anda ketahui jika anda adalah salah satu dari orang-orang yang percaya bahwa dengan menanggung beban ini akan dapat membantu memperbaiki orang lain.

Berikut ini adalah  8 list dari hal- hal apakah yang perlu anda cermati terlebih dahulu jika anda Ingin Memperbaiki Orang Lain :

Silahkan baca juga artikel :

  • 1. Setiap kali Anda menemukan diri Anda berpikir: "Hidup orang ini sebenarnya akan jauh lebih baik jika mereka bisa melakukan hal ini," seharusnya terapkan itu untuk hidup anda sendiri. Cara terbaik untuk membantu orang lain adalah dengan mewujudkan apa yang menurut anda akan membuat hidup mereka menjadi lebih baik ... belum lagi kenyataan bahwa biasanya, apa yang kita proyeksikan sebagai nasehat kepada orang lain adalah apa yang ingin kita katakan kepada diri sendiri.
  • 2. Anda tidak bisa memperbaiki orang yang tidak ingin diperbaiki. Anda juga tidak bisa memperbaiki orang yang ingin diperbaiki. Anda tidak bisa menekan, memaksa, meyakinkan atau mengilhami siapa pun untuk berubah jika mereka tidak ingin diubah dengan sendirinya. Anda tidak bisa melakukan sesuatu hal sebenarnya untuk mengubah seseorang bahkan jika mereka menginginkan anda untuk melakukannya. Yang bisa anda lakukan hanyalah mencintai, mendukung dan mendorong, dan menghabiskan waktu anda sendiri untuk menjadi orang seperti yang anda inginkan.
  • 3. Jika Anda tidak berhati-hati, dengan ingin memperbaiki setiap orang, anda akan secara terus menerus ikut  mencari bagaimana cara agar mereka bisa menjadi lebih baik. Dan ketika anda melakukan hal tersebut, anda tidak akan mencintai atau menghargai mereka atas siapa diri mereka sebenarnya. Lagi pula, orang- orang yang membutuhkan pertolongan biasanya hanya benar-benar perlu untuk dicintai.
  • 4. Anda bisa jatuh cinta dengan potensi yang di miliki seseorang, tapi anda tidak akan bisa terkejut jika hal itu ternyata tidak pernah menjadi kenyataan. Anda harus rela mencintai seseorang seperti adanya mereka. Orang bukan proyek, dan berkomitmen pada gagasan seseorang tidak jauh berbeda dengan melakukan delusi terhadap pribadi anda sendiri.
  • 5. Banyak orang - terutama yang merasa mempunyai jiwa yang lebih tua - merasa terpanggil untuk membantu atau menyembuhkan orang lain dengan cara tertentu. Ini bukanlah hal yang sama dengan "memperbaiki." Membantu dan penyembuhan, hanya membantu perjalanan pribadi seseorang menuju pada memperbaiki diri mereka. Perbedaannya adalah siapa yang sebenarnya memikul tanggung jawab: Anda atau mereka??.
  • 6. Anda tidak membutuhkan orang lain untuk bahagia agar Anda bahagia. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang mulai berfikir dan bertindak ingin memperbaiki orang lain - kenyataanya adalah, mereka telah mengikat kebahagiaan mereka sendiri dengan orang lain.
  • 7. Bukan tugas anda untuk memutuskan siapa yang harus diperbaiki dan tidak. Dari sudut pandang anda, "baik" dan "buruk" mungkin tampak seperti kebenaran yang obyektif, akan tetapi ternyata hal itu adalah ilusi yang menyedihkan bahwa kita semua berada didalam pengaruhnya, baik sekarang dan kemudian. Anda tidak dapat menentukan apakah seseorang perlu diperbaiki atau tidak.
  • 8. Anda tidak bisa memperbaiki seseorang, anda hanya bisa dan perlu mencintai mereka. Anda bukan orang yang lebih baik karena bisa menentukan seberapa layak seseorang untuk mencintai, atau betapa mereka sangat membutuhkan perubahan. Karakter Anda ditentukan oleh seberapa besar kebaikan yang Anda berikan kepada mereka.

Demikian artikel kali ini tentang Ingin Memperbaiki Orang Lain?. Semoga dapat menjadi sesuatu hal yang berguna bagi kita semua. Apabila ada sanggahan, tambahan, atau bahkan argumentasi dari sobat semua.., silahkan langsung saja tuliskan pada kolom komentar di bawah postingan ini.

(tegsnda/ Berbagi Itu Indah)

1 Response to "Anda Ingin Memperbaiki Orang Lain? Baca Ini Terlebih Dahulu"