Smartphone Xiaomi Rakus Bandwith Internet

Smartphone Xiaomi Rakus Bandwith Internet - Perkembangan Smartphone android saat ini bisa dikatakan sangat fenomenal. Masing- masingg produsen alat komunikasi ini saling berlomba- lomba dalam melengkapi dan memperbaiki kualitas dari produk mereka yang di tawarkan dipasar.

Mereka saling berlomba- lomba melengkapi fitur gadget andalan mereka, baik berupa kelengkapan fitur aplikasi, maupun fitur hardware dan dengan harga yang sangat kompetitif untuk meraih hati para konsumen di pasar. Salah satunya adalah smartphone dengan merk Xiaomi.

Smartphone dengan merk Xioami ini, di gadang mempunyai semua kelengkapan fitur bawaan yang memanjakan konsumennya. Mulai dari spesifikasi hardware miliknya yang di atas rata-rata smartphone android pada umunnya, sampai dengan fitur softwares/ aplikasi bawaan yang bisa di katakan mendekati milik iPhone dan bahkan google dengan fitur MiCloud-nya.
Sumber Gambar: Google

Meskipun telah dilengkapi dengan RAM yang cukup tinggi, dan memori storage/ penyimpanan yang cukup besar, para pengguna Xiaomi juga dapat menggunakan fitur MiCloud sehingga secara langsung dapat menyimpan semua data gadget mereka di server. Mulai dari no kontak, email, foto, dan data apapun yang ada di smartphone mereka. Para pengguna Xiaomi dapat lebih leluasa menyimpan data apapun tanpa harus khawatir kehabisan space memori penyimpanan.

Hanya dengan meng-aktifkan fitur sinkronasi dan MiCloud, maka proses backup data-data smarthpone milik mereka akan secara otomatis tersimpan di server MiCloud seperti iCloud milik iPhone dan Google Drive milik Google.

Namun, dengan segala sesuatu yang berjalan secara otomatis ini, efek sampingnya adalah pengguna smartphone Xiaomi akan lebih cepat kehabisan paket data/ boros Kuota.
Bila anda berfikir "Sekarang kan Jamannya Wifi, Ngapain bingung mikirin kuota??"

Nah, inilah alasan mengapa saya memberikan judul artikel kali ini dengan Smartphone Xiaomi Rakus Bandwith Internet. Sobat tentunya penasaran dengan jawabannya bukan?

Baiklah akan saya jelaskan. Saat ini memang sudah bukan jamannya internet lelet, karena speed minimum Indihome saja sudah 10Mbps (kecuali kalo pas ngopi di warkop nebeng wifi dan pas warkopnya rame banget jadinya koneksi internet lelett hahahaha...).

Akan tetapi tahukah sobat bahwa 10Mbps itu adalah kecepatan untuk Browsing, Streaming, dan Download. Sedangkan untuk kecepatan Upload hanya di batasi max 1,5Mbps.

Lalu apa hubungannya dengan Smartphone Xiaomi Rakus Bandwith Internet?

Begini penjelasannya:

Proses Sinkronasi dan MiCloud pada Smartphone Xiaomi adalah proses Upload bukan Download. Jadi meskipun koneksi internet sobat, katakanlah disini menggunakan Indihome dengan kecepatan 10Mbps, Tetap akan memakan semua bandwith yang ada karena notabenya kecepatan Upload Indihome hanya max 1,5Mbps. Sehinga user lain yang terkoneksi pada satu jaringan dengan smartphone sobat akan merasakan kecepatan internet yang leletnya sangat luar biasa sekali. Bila kita intip koneksi dengan menggunakan PING, akan terlihat jelas penampakan PING sampai dengan 4 digit replay bahkan sampai RTO Brooo!!.

Satu lagi yang menyebabkan saya memberi julukan Smartphone Xiaomi Rakus Bandwith Internet, adalah apabila smartphone ini telah terkoneksi pada satu jaringan, kemudian saat kita berpindah tempat dan mengkoneksikannya dengan jaringan/ WiFi lain, Contoh:
Smartphone kita telah terkoneksi dengan Wifi di rumah kemudian kita koneksikan dengan WiFi yng ada di warung kopi atau sekolahan atau tempat yang lain, kemudian kita kembali pulang kerumah. Secara otomatis smartphone Xiaomi kita akan terkoneksi dengan jaringan WiFi yang ada di rumah, namun tidak mau secara otomatis menerima IP baru. Dia akan bertahan dengan IP yang dimilikinya, alias ngga auto ngikut IP yang di bagikan oleh router untuk jaringan yang ada.
Sebagai akibatnya, maka pada jaringan yang terkoneksi dengan smartphone ini, akan muncul pesan IP Conflict. PING 4 digit lagi...., koneksi Lelettttt lagi ( untuk pengguna lain pada jaringan).

Dan masalah ini ngga akan ter-atasi apabila kita tidak merestart smartphone kita atau merestart modem sehingga perangkat lain yang terkoneksi pada jaringan itu mendapatkan IP baru.

Untuk mengatasi permasalahan diatas, solusi terbaik adalah nonaktifkan fitur sinkronasi dan MiCloud di smartphone sobat. Selain akan menghemat kuota paket data pada saat smartphone sobat tidak terkoneksi dengan WiFi, juga tidak akan mengganggu pengguna lain saat terkoneksi dengan WiFi.
But.., tapi pilihan tetap di tangan anda sobat.  ^ _^

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Smartphone Xiaomi Rakus Bandwith Internet.
Apabila sobat yang kebetulan memiliki dan menggunakan smartphone Xiaomi, semoga artikel ini bisa menjadi masukan untuk anda. Apabila ada masukan dan tambahan atau bahkan sanggahan, silahkan langsung saja sobat isi pada form komentar di bawah artikel ini.
Semoga Bermanfaat

(tegsnda/Berbagi Itu Indah)

1 Response to "Smartphone Xiaomi Rakus Bandwith Internet"