15 Tips Dan Trik Menavigasi Google Maps

Akan berada dimanakah kita saat ini tanpa adanya Google Maps? Mungkin saja kita tetap akan tiba di tempat tujuan, akan tetapi tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama, terutama pada tempat- tempat/ tujuan asing dimana kita belum pernah mengunjunginya sama sekali. Layanan Google Maps telah merubah cara kita dalam melakukan sebuah perjalanan.

Dengan 15 Tips Dan Trik Menavigasi Google Maps berikut ini, akan akan dapat lebih mengoptimalkan peta anda sobat. Berikut adalah Tips dan Triknya:

1. Pilih Mode Transportasi 
Google Maps memiliki empat mode transportasi, yang bisa sobat akses dengan menekan ikon di kanan bawah layar. Gambar tergantung pada apa yang saat ini dipilih:

  • jika pada mode mengemudi Anda akan melihat ikon Mobil.
  • jika mode angkutan umum, Anda akan melihat kereta api.
  • jika mode transport pribadi Anda akan melihat taksi.
  • jika pada mode berjalan, Anda akan melihat orang,
  • jika pada mode Bersepeda, Anda akan melihat seorang pengendara sepeda. 

Setelah Anda sudah mengetuk ikon, Anda dapat mengubah modus dengan menekan ikon yang sesuai di bagian atas layar.

2. Menghindari Gangguan
Pada layar yang sama, penyadapan/tapping pilihan memungkinkan Anda untuk menetapkan kriteria tambahan seperti menghindari jalan tol, transportasi publik pilihan Anda dan apakah Anda baik-baik saja berada dengan banyaknya bus atau kereta yang berbeda.

3. Periksa Jadwal Angkutan Umum
Google Maps mengetahui jadwal angkutan umum untuk berbagai macam pilihan perjalanan.
Fitur favorit lain: jika Anda bepergian dengan angkutan umum, Google Maps menunjukkan jadwal kedatangan dan keberangkatan untuk berbagai bentuk transportasi yang tersedia.

4. Menghemat Data Dengan Menggunakan Mode Wi-Fi
Sekarang anda dapat men-download peta untuk penggunaan offline, fitur baru ini sangat berguna bagi mereka yang bepergian atau mulai kehabisan mobile data sebelum akhir bulan.

Tekan pada menu hamburger, buka Pengaturan dan opsi kedua (jika anda berada di Google Maps versi 9.32 atau lebih tinggi) akan membaca Wi-Fi saja. Toggle switch untuk memastikan bahwa Google Maps hanya bekerja ketika anda menggunakan Wi-Fi, atau sebaliknya bergantung pada data yang telah di unduh secara offline terhadap suatu daerah.
Menggunakan Wi-Fi saja ,bisa menyimpan banyak data.
5. Rencana ke Depan
Jika anda akan berada jauh dari sinyal data - atau roaming di negara di mana untuk mengakses memerlukan biaya yang cukup tinggi - anda dapat menyimpan peta untuk penggunaan offline, baik itu lingkungan sekitar, sebuah kota atau negara. Silahkan pilih/tap menu Hamburger di kiri atas, tap pada area Offline, dan tekan tombol plus di bagian bawah layar untuk menambahkan area baru.
Pergi dimana sinyal data tidak bagus? Simpan peta anda untuk melihat secara offline.

6. Berbagi Lokasi atau Arah
Berbagi lokasi bekerja dengan menekan pada tempat menarik di peta, kemudian pada ikon "tiga titik" di sudut kanan atas, kemudian Berbagi, memungkinkan anda untuk berbagi via Bluetooth, email, Google Drive...

Anda juga dapat berbagi arah dengan cara berikut. Untuk melakukan hal ini, mengatur titik awal yang diinginkan dan tujuan, memilih mode transportasi dan kemudian tekan "trio titik-titik" di sudut kanan atas sebelum melakukan tap berbagi arah.
Penerima dari arah yang di share/di bagikan akan melihat ringkasan petunjuk serta link. Ketika link tersebut diklik, mereka akan dapat untuk membuka petunjuk arah di Google Maps sehingga mereka dapat memulai perjalanan mereka. Hal ini juga memungkinkan untuk membuka petunjuk arah di aplikasi Maps lainnya seperti Waze, atau untuk melihat mereka secara online.
Anda dapat berbagi lokasi tertentu atau arah dengan mudah.

7. Simpan Alamat Penting
Di dalam aplikasi, ketuk/tap Menu > Tempat Anda dan kemudian tekan pada Rumah atau tempat Kerja untuk menyimpan alamat. Hal ini mempercepat proses mendapatkan petunjuk arah, dan hal ini juga membantu memberi masukan pertanyaan dari Google Now dan kartu transportasi nya.
Menambahkan alamat rumah dan kantor anda membuat hal-hal jauh lebih mudah.

8. Gunakan Stiker dan Label untuk membantu anda untuk menemukan dan mengingat
Anda dapat menggunakan stiker untuk membuat rumah anda dan tempat kerja yang terlihat menonjol di peta. Hanya tekan pada tombol menu hamburger, kemudian tempat Anda. Ketuk pada tiga titik di sebelah kanan rumah anda atau tempat bekerja, dan kemudian pilih Change icon. Di sini anda akan melihat berbagai macam stiker untuk dipilih.

Untuk tempat-tempat yang telah di bintangi, anda dapat menambahkan label untuk lebih mudah dalam mengidentifikasi dan mengingat tempat apa ini. Buka layar informasi untuk lokasi dan tekan pada tiga titik di bagian kanan atas layar, lalu Tambahkan label. Di sini, anda dapat memasukkan apa pun yang anda suka, baik itu 'bar', 'menarik', apa pun.
Stiker muncul pada peta dan membuat semuanya sedikit lebih personal.

9. Melihat pada Mode Street View
Street View tidak menghilang di aplikasi Google Maps, menu itu hanya berpindah sedikit. Untuk melihat Street View, tekan pada "mencari lokasi". Di atas bar dengan nama lokasi dan rating, akan ada sebuah jendela persegi panjang kecil dengan gambar dan panah melingkar. Tekan ini untuk memuat Street View.
Street View di aplikasi Maps, dan sekarang lebih mudah untuk menemukannya dari sebelumnya.

10. Gunakan Gestures/ Gerakan
Anda sudah tahu bahwa anda dapat memperbesar dan memperkecil peta dengan mencubit dan zoom, tetapi anda juga dapat melakukannya dengan satu digit yang berguna jika anda memegang handlebar dengan tangan anda yang lain atau saat tidak dapat diganggu dengan menggunakan kedua tangan. Double-tap layar, tapi jangan angkat jari atau jempol setelah ketukan kedua . Geser ke atas untuk zoom out dan meluncur ke bawah untuk memperbesar.

Anda juga dapat memiringkan peta dengan menggeser dua jari - up untuk lebih miring, turun untuk kurang dan memutar peta dengan memutar dua jari dalam gerakan melingkar. Di banyak daerah perkotaan, peta yang datar akan menjadi sebuah model 3D ketika anda memiringkannya
Anda dapat mengontrol zoom dan tilt menggunakan gerakan jari.

11. Melihatnya di Google Earth
Tekan pada tombol Menu dan pilih Google Earth untuk melihat dunia dalam 3D mulia. Seperti halnya dengan Maps, anda dapat menavigasi dengan menggesek, mencubit dan menekan dua kali. Perhatikan bahwa anda akan perlu untuk men-download dan menginstal app Google Earth untuk melakukan hal ini.

12. Mengetahui Rute Mana yang Harus di Hindari
Salah satu hal yang sangat favorit di aplikasi Google Maps adalah cara yang dapat memberikan kita informasi lalu lintas secara live. Kode Warna membuat segala sesuatu menjadi lebih jelas, dengan warna hijau untuk lalu lintas normal, warna kuning ketika terdapat hal-hal yang memperlambat, dan merah ketika anda benar-benar perlu untuk pergi/ menghindar dengan cara yang berbeda atau memungkinkan waktu tambahan. Jika hal ini tidak di tampilkan, pergi ke Menu > lalu Lintas/Traffic.
Kode-warna rute membantu anda menentukan area mana saja untuk di hindari.

13. Tambahkan Memutar/Detours
Ketika anda berada dalam mode navigasi, dan sedang menuju ke tujuan utama anda, dan anda tiba-tiba ingat ada yang anda butuhkan seperti makan muffin, anda dapat menambahkan quick pit stop. Hanya tekan pada ikon kaca pembesar dan anda akan melihat beberapa pilihan yang berguna, seperti pompa Bensin dan toko-toko Kopi. Anda juga dapat mencari sesuatu yang lebih spesifik dengan menekan pada kaca pembesar lagi dan memasukkan permintaan pencarian anda.

Pilihan untuk pit stop akan muncul di sepanjang rute anda, bersama dengan berapa banyak waktu yang detour akan menambah perjalanan anda, sehingga anda dapat memilih yang paling nyaman.
Perlu berhenti untuk mengisi bensin? Google Maps telah meng-covernya untuk anda.

14. Gunakan Suara Anda
Ketika sedang menavigasi, anda dapat mengontrol Google Maps dengan suara anda. Hanya tekan ikon mikrofon dan gunakan perintah seperti:
  • Turn on voice
  • Turn off voice
  • Mute
  • Unmute
  • Be Quiet
  • Mute Voice Guidance
  • Show / Turn On / Display Satellite
  • Hide / Turn Off / Clear Satellite
  • Show / Turn On / Display Traffic
  • Hide / Turn Off / Clear Traffic
  • Show alternate routes
  • Show other routes
  • How else can I get there?
  • Next turn
  • What’s my next turn?
  • How else can I get there?
  • What do I do next?
  • Where do I turn?
  • Where do I get off?
  • What exit am I taking?
  • How long until my next turn?
  • What’s my ETA?

Note: untuk menggunakan mode ini, harus benar-benar suara yang jelas, berada di ruangan yang tidak ramai. Sehingga anda harus berfikir ulang untuk menggunakan mode ini saat berada di keramaian atau berada di dalam mobil yang bersuara bising.

15. Menghapus Riwayat Lokasi
Jika anda tidak ingin menyimpan rincian di mana-mana yang sudah pernah anda kunjungi, anda dapat menghapus riwayat lokasi. Pada perangkat anda, pergi ke Pengaturan > Lokasi > Google Riwayat Lokasi dan gunakan toggle untuk memutuskan apakah anda ingin itu on atau off, atau melihat ke bawah layar dan tekan Menghapus riwayat lokasi jika anda ingin menghapus semua informasi Google di waktu sebelumnya.

Demikian Tips Dan Trik Menavigasi Google Maps
Masih adakah Tips yang lainny? Tinggalkan komentar sobat dan biarkan kami mengetahuinya.

Sumber Gambar: Google
(Berbagi Itu Indah)

0 Response to "15 Tips Dan Trik Menavigasi Google Maps"

Post a Comment