Tips Mengatasi Memori Internal Full Pada Smartphone

Tips Mengatasi Memori Internal Full Pada Smartphone - HP/ Smartphone anda tiba-tiba menjadi sangat lelet dan bekerja tidak seperti biasanya?, salah satu penyebabnya adalah kapasitas memori penyimpanan pada smartphone anda sudah terlalu penuh, baik itu memori penyimpanan Internal mauun memori penyimpanan Eksternal. Akan tetapi penyebab utama yang paling mempengaruhi kecepatan kinerja/ respon smartphone sobat adalah pada bagian memori penyimpanan Internal.
Memori Internal Smartphone - Sumber gambar: Google 

Terkecuali anda memiliki Smartphone dengan memori internal besar dan ditambah dengan kartu memori, anda mungkin harus menghapus data secara reguler. Bahkan untuk kapasitas penyimpanan yang besar sekalipun, pembersihan perlu dilakukan supaya anda bisa menyimpan lebih banyak data. Selain video, ada berbagai jenis data yang seringkali memakai banyak space dalam memori internal maupun kartu memori, seperti lagu, gambar, dll. Berikut ini adalah Tips Mengatasi Memori Internal Full Pada Smartphone:

  • Langkah pertama

Hapuslah foto dan video yang sudah tidak dipergunakan. Banyak dari kita yang sangat suka mengambil foto saat menemukan momen yang pas. Nah, mungkin ada dari foto-foto tersebut yang dirasa kurang penting dan bisa dihapus. Sebaiknya jika memori sudah hampir penuh, hapus saja foto-foto yang tidak terlalu anda butuhkan. Bukan hanya foto saja, jenis file yang lain juga sama. Selain itu, jangan ada terlalu banyak foto duplikat pada Smartphone. Foto duplikat sering terjadi pada orang yang gemar foto selfie. Saat ingin mengambil pose terbaik, tak jarang orang mengambil foto yang sama beberapa kali. Menghapus gambar duplikat bisa sangat membantu memperluas memori telepon. Ada banyak aplikasi yang bisa dipergunakan untuk mendeteksi foto duplikat pada Smartphone. Aplikasi tersebut bisa membantu menyortir dan menghapus foto-foto yang terlihat mirip.

Silahkan baca juga artikel tentang Cara Recovery Foto Yang Terhapus di Android
  • Langkah Kedua

Pindahkan file ke komputer atau layanan penyimpanan cloud. Opsi yang mana saja sebenarnya bisa. Jika memori telepon sudah hampir penuh, pindahkan saja file foto dan yang lain ke komputer. Dengan begitu anda bisa mengosongkan memori tanpa harus kehilangan data. Kapanpun anda ingin melihat file tersebut, anda bisa melihatnya pada komputer. Cloud storage juga sama efektifnya dan ada banyak opsi untuk anda. Layanan yang bisa anda coba antara lain Dropbox, Google Drive, dll. Beberapa layanan menawarkan space gratis cukup besar, namun jika perlu space tambahan, silakan upgrade keanggotaan atau beli kuota.
  • Langkah Ketiga

Aplikasi juga biasanya memakan banyak tempat karena satu aplikasi bisa berukuran belasan hingga ratusan MB. Install hanya program yang secara rutin anda pergunakan. Aplikasi yang jarang diakses sebaiknya di-uninstall saja karena hanya memakan tempat. Kapanpun anda butuh, anda bisa menginstalnya kembali. Jadi ini bukanlah solusi yang buruk dan anda patut mencobanya.


Demikian pembahasan singkat dari "Berbagi Itu Indah" tentang beberapa Tips Mengatasi Memori Internal Full Pada Smartphone yang bisa sobat aplikasikan.
Semoga Bermanfaat


(Berbagi Itu Indah) 

0 Response to "Tips Mengatasi Memori Internal Full Pada Smartphone"

Post a Comment