Bahaya Search Protect-Conduit dan Cara Menghapus

Berbagi Itu Indah- Baru-baru ini penulis mendapat sebuah problem, dimana secara tidak di inginkan muncul aplikasi baru yang terinstal di PC, dan aplikasi itu bukanlah aplikasi yang secara sengaja di instal ke dalam PC, melainkan sebuah malware yang menempel pada saat kita melakukan proses download dari sebuah situs. Nama softwares atau Aplikasi itu diantaranya adalah : web search, Search Protect, dan sejenisnya.
Software ini adalah aplikasi pembajak browser, memiliki elemen spyware, tetapi bukanlah spyware. Pembajak yang lebih mirip dengan adware, dimana informasi yang mereka kumpulkan, biasanya adalah untuk tujuan pemasaran dan iklan, tetapi tidak untuk mencuri data-data yang sensitif dan kemudian menyalah gunakannya. 
Berbagi Itu Indah




Berarti mereka tidak berbahaya? 

hmm..,mungkin, search engine mereka sangatlah minim/ bahkan bisa dikatakan miskin, akan tetapi iklannya lah yang membawa ancaman malware yang lebih serius. Dari pengalam saya secara pribadi: ada beberapa account milik saya yang berubah dari settingan defaultnya. " Serem ah," dari perubahan settingan kecil ini menunjukan bahwa mereka mampu memodifikasi account kita. Masih kurang jelas?? dengan mereka dapat merubah settingan account kita, menunjukan bahwa mereka memiliki informasi data- data kita!. 
Biasanya Conduit- diinstal bersama dengan program freeware/ shareware: Mp3 Rippers, Youtube Downloader, dll. Beberapa trojan juga ikut terdistribusi di dalamnya.


Sebenarnya kita dapat terhindar dari problem ini bila kita benar-benar teliti dan membaca apa saja yang tertulis di layar browser kita pada saat akan melakukan download. Cancel/ decline/ batalkan/ tolak tawaran untuk menginstal apapun pada saat kita akan melakukan proses download. Karena yang kita butuhkan dan yang kita cari adalah apa yang akan kita download, bukan proses lain yang secara sengaja di tempelkan dan memancing kita untuk menjalankannya.
Pada kasus PC penulis, problem ini muncul setelah seorang teman meminjam untuk menggunakan PC nya.(Padahal pemilik PC aslinya sudah sangat berhati- hati menghindari hal-hal seperti ini) "sedikit membela diri" hahahaha :p

Anda harus menghapusnya! Dengan melakukan perubahan pada halaman pencarian dan search provider anda, maka dapat dijamin, apapun perubahan dan kegiatan yang anda lakukan pada bowser anda, akan kembali ke conduit.

Cara menghapus

  • Uninstal lewat add/remove program di control panel
  • Masuk ke semua mesin browser anda, pilih pada bagian setting / tools, (tergantung pada browser internet apa yang anda gunakan)-addon/ extensions- remove- kemudian kembalikan settingan browser ke default.
  • Dalam beberapa kasus software ini tidak muncul di add/remove control panel, tidak usah bingung. Lihat saja nama aplikasinya, kemudian masuk ke C- program files- cari folder aplikasi sesuai dengan nama-buka folder- pilih uninstal.exe. 
    "Sebagai contoh: softwares bernama search protec,- cari folder yang mengandung nama search protect di bagian program file- kemudian buka foldernya- cari dan jalankan uninstal.exe
  • Untuk lebih meyakinkan system windows anda telah bersih dari semua file software itu, masuk ke registry dengan cara tekan windows+R - ketik regedit- tekan enter- kemudian tekan ctrl+f -ketik nama aplikasi/sofwares itu- tunggu sesaat sampai di temukan- kemudian delete registry key - tekan tombol F3(bertujuan untuk memberikan perintah yang sama) - lakukan sampai tidak ditemukan lagi file dengan nama software/aplikasi itu.
  • Restart PC/Laptop
  • Selesai
Itulah pengalaman penulis terhadap Bahaya Search Protect-Conduit dan Cara Menghapus, semoga sharing yang sedikit ini dapat bermanfaat untuk anda semua para sahabat "Berbagi Itu Indah". Apabila ada yang ingin di tanyakan dan kurang jelas, silahkan tulis di comment box di bawah yang telah disediakan.

(tegsnda/Berbagi Itu Indah)

0 Response to "Bahaya Search Protect-Conduit dan Cara Menghapus"

Post a Comment